Tuesday, 21 August 2018 15:51

Mahasiswa baru Fakultas Syariah IAIN Pekalongan Mengikuti PBAK

Written by

Sebanyak 404 mahasiswa baru IAIN Pekalongan mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Sejumlah 404 mahasiswa diantaranya adalah mahasiswa baru Fakultas Syariah. Di sela-sela rangkaian kegaiatan PBAK yang diadakan oleh Institut, terdapat pula agenda khusus pengenalan Fakultas. Pengenalan Fakultas disampaikan oleh PLH Dekan Fakultas Syariah, yaitu Dr. Triana Sofiani M. H. Beberapa hal pokok yang disampaikan yaitu, “PBAK ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan kecerdasan akan budaya akademik kampus. Adapun, maksud kegiatan adalah untuk mendidik, membimbing dan mengarahkan peserta untuk memahami sistem pendidikan di IAIN Pekalongan khususnya di Fakultas Syariah. PBAK merupakan agenda wajib bagi mahasiswa baru dan lama yang belum mengikutinya, untuk proses menyelesaikan studinya di kampus. Ia berharap dengan kegiatan PBAK mahasiswa bisa mengembangkan sikap kritis dan kreatifnya sebagai mahasiswa yang unggul.”

Selain dari PLH Dekan, disampaikan pula sambutan oleh Wakil Dekan III selaku bidang Kemahasiswaan. Dalam sambutannya berpesan, mahasiswa baru agar mampu menjadi mahasiswa yang berguna dan mahasiswa yang bangkit ditengah-tengah masyarakat. Dalam mengikuti PBAK ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya mengikuti proses seremonialnya semata, tetapi orientasi dari kegiatan pengenalan adalah membangun budaya akademik di lingkungan kampus. Jadilah mahasiswa yang tidak mudah terpicu isu yang belum jelas, tidak bersifat radikal tetap berguna ditengah masyarakat guna membangun bangsa.

Kemudian, sambutan dilanjutkan oleh para Kepala Jurusan dan Sekretaris Jurusan yang ada di Fakultas Syariah. Hal pokok yang disampaikan selain mengenalkan masing-masing jurusan dan prosedur teknis aturan-aturan terkait kegiatan pembelajaran adalah pesan moral kepada mahasiswa baru Fakultas Syrariah untuk semangat menuntut ilmu, dimulai dari niat dan merubah diri lebih baik. Mari bersama kita membangun Fakultas Syariah IAIN Pekalongan menjadi Fakultas terkemuka dan kompetitif dalam pengembangan ilmu syariah dan hukum berwawasan keindonesiaan, ujar para Kepala Jurusan kepada mahasiswa baru Fakultas Syariah IAIN Pekalongan.