Tuesday, 21 August 2018 15:51

Fakultas Syariah IAIN Pekalongan adakan Rapat Koordinasi Bidang Akademik Tahun Ajaran 2018/2019

Written by

Fakultas Syariah IAIN Pekalongan mengadakan Rapat Koordinasi Bidang Akademik semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Rapat ini dimulai pada pukul 08.30 sampai pukul 11.30 dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor I IAIN Pekalongan Bapak Dr. Muhlisin, M. Ag. yang bertempat di ruang sidang Lantai III Gedung Rektorat IAIN Pekalongan. Dalam sambutannya, Dr. Muhlisin, M. Ag. mengatakan bahwa sesuai dengan kalender akademik IAIN Pekalongan, kegiatan perkuliahan semester genap tahun akademik 2018/2019 akan dimulai pada tanggal 27 Agustus 2018 dan sebelum dimulai kegiatan perkuliahan akan diadakan stadium general pada tanggal 29 Agustus 2018

Dalam kesempatan ini juga, disampaikan bahwa jumlah mahasiswa baru Fakultas Syariah IAIN Pekalongan tahun ini bertambah lebih banyak daripada tahun sebelumnya, yaitu terdiri dari 404 mahasiswa, dan terbagi menjadi tiga Progam Studi. HKI terdiri dari 168 mahasiswa, HES terdiri dari 146Mahasiswa, dan HTN berjumlah 90 mahasiswa. Oleh karena itu, Dr. Muhlisin, M. Ag. berpesan kepada seluruh pejabat dan jajaran yang ada di Fakultas Syariah agar mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan perkuliahan lebih matang, hal ini diperlukan guna menghasilkan pembelajaran yang lebih baik. Selain itu, ditekankan pula kepada seluruh dosen dan pegawai di lingkungan Fakultas Syariah, agar meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa karena kualitas mahasiswa ke depan adalah cerminan IAIN Pekalongan.

Setelah pengarahan dari Wakil Rektor I, pengarahan dilanjutkan oleh PLH Dekan yang disampaikan oleh Wakil Dekan II Dr. Triana Sofiani, M.H. Beberapa hal penting yang disampaikan seperti dosen wajib mematuhi aturan yang ditetapkan kampus, dosen wajib mengumpulkan RPS sebelum perkuliahan dan melaksanakan kegiatan perkuliahan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh pihak Institusi. Adapun jika ada perubahan jadwal, diwajibkan lapor ke Fakultas.

Kemudian pengarahan dilanjutkan oleh PLH Wakil Dekan I yang disampaikan oleh Wakil Dekan III Dr. Hasan Bisyri, M.Ag. Dalam kesempatan ini, disampaikan nilai IKD (Indeks Kinerja Dosen), dimana hal ini diperlukan mengapa dipublikasikan karena dari IKD kualitas kegiatan pembelajaran yang dilakukan dosen dapat diketahui, dan diharapkan kepada para dosen yang nilai IKDnya kurang baik, agar meningkatkan kualitas pembelajarannya guna menghasilkan lulusan yang berkualitas pula. Hal lain yang tidak kalah penting yaitu, agar seluruh dosen dan pegawai di Fakultas Syariah untuk membantu dan mendukung proses Akreditasi Progam Studi Hukum Keluarga Islam.

Inti dari rapat rutin kali ini adalah penyampain hal-hal pokok terkait kegiatan perkulihan semester genap tahun akademik 2018/2019 di Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, dimana tujuan utamanya adalah memberikan pelayanan dan pembelajaran terbaik kepada mahasiswa Fakultas Syariah untuk mencapai visi “Bersama kita wujudkan Fakultas yang terkemuka dan kompetitif dalam pengembangan ilmu syariah dan hukum berwawasan keindonesiaan di tingkat Nasional pada tahun 2036”.