Wednesday, 24 October 2018 15:51

Pertemuan Orangtua/Wali Mahasiswa dengan Pimpinan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan

Written by

Pekalongan – Jum’at, 17 Oktober 2018 Fakultas Syariah IAIN Pekalongan mengadakan Pertemuan orangtua/wali mahasiswa. pertemuan ini dimaksudkan agar silaturahim antara pihak Fakultas dan orangtua wali semakin erat.

Acara berlangsung cukup hidmat, dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan doa.

Ruangan pertemuan yang bertempat di Gedung Auditorium IAIN Pekalongan semakin hangat ketika Dekan Fakultas Syari’ah IAIN Pekalongan Dr. Akhmad Jalaludin, M.A. menyampaikan sambutan, “Ucapan terimakasih kepada orangtua/wali mahasiswa yang berkenan hadir memenuhi undangan kami, dan juga karena sudah mempercayakan putra-putrinya kepada kami.” Ungkapnya mengawali sambutannya. 

Ilmu syariah merupakan ilmu yang sangat penting dipelajari dalam agama Islam. Jadi, bagi mahasiswa yang ingin belajar ilmu syariah sangat pas sekali ditempatkan di Fakultas Syariah IAIN Pekalongan.

Sementara itu, Wakil Dekan I Dr. KH. Sam’ani Sya’roni, M.Ag. memperkenalkan visi dan misi Fakultas Syariah IAIN Pekalongan kepada orangtua/wali mahasiswa, Beliau menyampaikan bahwamahasiswa yang masuk Fakultas Syariah akan dicetak menjadi ahli di bidang ilmu syariah yang berwawasan ke-Indonesiaan. Lulusan fakultas syariah akan mendapatkan gelar S.H., dimana gelar ini akan bisa masuk ke semua instansi Agama Islam maupun umum. Mahasiswa juga akan dituntut untuk ‘magang’ mengetahui lapangan kerja secara langsung, yaitu dalam program PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) dan KKL (Kuliah Kerja Lapangan).

Acara semakin meriah ketika Wakil Dekan II Dr. Triana Sofiani, SH. M.H. memberikan doorprise bingkisan khusus bagi orangtua yang paling jauh rumahnya dari IAIN Pekalongan, diantaranya ada yang dari Bogor, Jakarta, dan Bandung. Juga kepada orangtua wali yang paling banyak memasukan putra-putrinya kuliyah di IAIN Pekalongan, tenyata ada orangtua wali yang 4 putranya semua di kuliyahkan di IAIN Pekalongan. Beliau juga menyampaikan bahwa IAIN Pekalongan mempunyai kebijakan dalam pembayaran mata kuliyah yaitu BKT (Biaya Kuliyah Tunggal dan UKT (Uang Kuliyah Tunggal). Jadi, semua bisa saja Kuliyah di IAIN Pekalongan berdasarkan kemampuan ekonomi masing-masing.

"Banyak juga wadah kegiatan untuk melatih mahasiswa dalam berbagai bidang keahlian, ada UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), SEMA, DEMA, KMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan), dan yang lainya. Semua wadah ini adalah untuk menampung minat mahasiswa dan melatih keahlian masing-masing." Ungkap Dr. Hasan Bisyri, M.A. selaku Wakil Dekan III Fakultas Syariah.

Pengelola Fakultas Syariah IAIN Pekalongan menyampaiakan harapannya kepada orangtua/wali mahasiswa, agar setelah mahasiswa lulus tidak hanya sekedar menyandang sarjana atau hanya memiliki ijazah saja, tapi juga harus menguasai ilmu-ilmu agama dan ilmu umum dalam arti ilmu syari'ah serta tentu juga memiliki ketakwaan yang baik dan akhlakul karimah.