Wednesday, 21 November 2018 15:18

Tim Pokja Pemberdayaan Masyarakat Jurusan Hukum Keluarga Islam Membentuk Komunitas Bina Keluarga Sakinah Untuk Wujudkan Keluarga Sakinah

Written by

Tim Pokja Pemberdayaan Masyarakat Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah membentuk Komunitas Bina Keluarga Sakinah (BKS) Untuk wujudkan keluarga sakinah di Kelurahan Pasir Kraton Kramat. Kegiatan ini mengusung tema “Membangun Ketahanan Keluarga di Kawasan Terdampak Banjir. Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Kelurahan Pasir Kraton Kramat (Muhamad Arifin), Dr.Moh.Hasan Bisyri, M.Ag (selaku Ketua Tim Pokja), Rita Rahmawati (Dosen Fakultas Syariah), mahasiswa KKN, dan warga sekitar Kelurahan Pasir Kraton Kramat.

Dr.Moh Hasan Bisyri selaku ketua pokja menyampaikan bahwa pembentukan komunitas Bina Keluarga Sakinah ini untuk membangun ketahanan Keluarga di Kelurahan Pasir Kraton Kramat. Diharapkan komunitas memiliki pengetahuan tentang fikih munakahat, hukum perkawinan, dan memahami bagaimana hukum-hukum apa saja yang terkait dengan perkawinan untuk mengatasi masalah yang ada di warga Kelurahan Pasir Kraton Kramat. Pembentukan Komunitas bina keluarga sakinah ini adalah program berkelanjutan yang dirancang oleh Tim Pokja dan disepakati oleh komunitas BKS dengan terlebih dahulu mengisi lembar kesediaan sebagai relawan Komunitas Bina Keluarga Sakinah. Selain itu komunitas BKS ini juga nantinya akan melakukan kegiatan pengembangan ekonomi yang dipandu oleh Tim Pokja dan diharapkan bisa memberikan motivasi kepada warga untuk membangun usaha mandiri guna meningkatkan perekonomian warga yang terdampak banjir rob.

Muhamad Arifin selaku Lurah Kelurahan Pasir Kraton Kramat menyampaikan ucapan terimakasih karena telah dipercaya oleh tim KKN untuk disinggahi kembali dan berharap agar warga kami juga ikut serta untuk meningkatkan ketahanan keluarga dengan menjadi relawan bina keluarga sakinah yang telah dirancang oleh Tim Pokja, dan bisa membantu mengatasi masalah ketahanan keluarga di lingkungan Kelurahan Pasir Kraton Kramat. Muhamad Arifin juga menyampaikan Dampak rob yang terjadi diwilayah kami juga menimbulkan dampak yang sangat besar, diantaranya di bidang pendidikan, kesehatan, agama, terutama lingkungan, serta ekonomi pun ikut berdampak. Untuk itu, dengan adanya KKN diwilayah kami, diharapkan warga di Kelurahan Pasir Kraton Kramat bisa meningkatkan ilmunya baik itu ilmu agama maupun ilmu yang lain yang akan bermanfaat bagi warga kami.