Monday, 19 August 2019 15:17

RAPAT PERSIAPAN PERKULIAHAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2019/2020

Written by

Menjelang dimulainya perkuliahan semester gasal tahun ajaran 2019/2020, Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan mengadakan Rapat Koordinasi Bidang Akademik. Acara yang berlangsung di Ruang Sidang Lantai III Gedung Rektorat, pada hari Kamis 15 Agustus 2019 dihadiri oleh Pimpinan Fakultas dan semua Dosen Fakultas Syariah IAIN Pekalongan yang didampingi langsung oleh Dr. Muhlisin, M. Ag., Wakil Rektor bidang Akademik Dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Pekalongan.

Rapat dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Syariah, Dr. Akhmad Jalaludin, M.A. Pada kesempatan ini beliau menekankan pentingnya persiapan perkuliahan agar menghasilkan output mahasiswa yang unggul. Paling tidak ada empat poin penting yang disampaikan Bapak Dekan dan perlu diperhatikan oleh bapak/ibu dosen yang akan mengampu perkuliahan di Fakultas Syariah IAIN Pekalongan.

  1. Setiap elemen di IAIN Pekalongan harus memiliki orientasi untuk ikut mendukung visi misi Fakultas Syariah maupun IAIN Pekalongan dan menjadikan kampus IAIN Pekalongan sebagai perguruan tinggi terkemuka. Terkemuka disini maksudnya adalah dikenal luas oleh masyarakat. Hal-hal yang bisa ditempuh diantaranya melalui berbagai prestasi, baik prestasi mahasiswa, nilai akreditasi maupun akreditasi jurnal. Dan Alhamdulillah jurnal fakultas syariah IAIN Pekalongan yaitu Jurnal Hukum Islam telah terakreditas Sinta 3 dan sedang ada upaya untuk peningkatan menjadi Sinta 2;
  2. Berpegang pada tiga mantra Kementerian Agama; pertama, Moderasi Beragama yang berwawasan keindonesiaan. Di sini sikap kita diharapkan tidak tergelincir terhadap pemahaman keagamaan ekstrim kiri atau ekstrim kanan, termasuk pendampingan dari bapak/ibu dosen kepada mahasiswa yang disinyalir ada kecenderungan bersikap ekstrim atau ada gerakan ekstrimisme; kedua, Kebersamaan. Dalam kita mengemban amanah yang tidak ringan, kebersamaan menjadi kunci pokok. Dengan kebersamaan dan kekeluargaan tugas yang berat dapat dipikul bersama mewujudkan bangsa yang unggul; ketiga, Integrasi Data. Integrasi data yang menjadi perihal pokok untuk menunjang kepentingan pelayanan prima. Bagi seorang dosen harus sering membuka akun SIKADU (Sistem Akademik Terpadu) IAIN Pekalongan. Diharapkan setelah dosen memberikan perkuliahan segera menginputkan data perkuliahan ke SIKADU. Jika tidak memungkinkan karena jadwal perkuliahan yang estafet, maka paling tidak satu minggu sekali bisa menginputkannya.
  3. Background keilmuan mahasiswa IAIN Pekalongan yang tidak sama karena bukan hanya alumni Madrasah Aliah atau Pesantren saja, akan tetapi juga ada alumni dari Sekolah Menengah Umum seperti SMA dan SMK yang muatan keagamaannya tidak sebanyak di Madrasah Aliah atau Pesantren. Diharapkan dosen dapat mengkontrol capaian kompetensi mahasiswa, bukan hanya diukur dari kuantitas di kelas saja, akan tetapi juga dilihat dari motivasi dan capaian keilmuan yang bisa diserap mahasiswa. Sehingga ketika mahasiswa belum mampu mencapai kompetensi yang diharapkan, para dosen memiliki tindak lanjut atau rekomendasi kepada pihak-pihak terkait. Hal ini menjadi penting karena alumni mahasiswa Fakultas Syariah akan menjadi agen di masyarakat dan membawa nama almamater.
  4. Terakhir yang ditekankan oleh Dekan Fakultas Syariah adalah Spirituality. Kita sebenarnya cukup membentuk mahasiswa yang alim dan sholeh. Alim disini dimaksudkan mahasiswa punya potensi keilmuan yang dipelajari, dan sholeh yang implementasinya beradab dan sopan santun. Akan tetapi yang tidak kalah penting adalah keteladanan dari kita semua sebagai dosen, terutama tentang kedisiplinan. Kitalah yang menjadi contoh dan panutan bagi mahasiswa kita. Maka sudah seharusnya kita mencontohkan kedisiplinan dan juga gaya atau etika berbusana kepada mahasiswa.

Pengarahan selanjutnya oleh Dr. Sam’ani, M.Ag., selaku Wakil Dekan bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan. Beliau menegaskan kembali apa yang telah disampaikan Bapak Dekan dan dilanjutkan dengan penyampaian teknis pelaksanaan perkuliahan semester gasal tahun akademik 2019/2020 di Fakultas Syariah IAIN Pekalongan. Berikut agenda dan waktu perkuliahan:

No

Kegiatan

Tanggal

1.

Stadium General / Kuliah Umum

26 Agustus 2019

2.

Masa Perkuliahan

26 Agustus s.d. 14 Desember 2019

3.

Ujian Tengah Semester (UTS) Mandiri

14 – 19 Oktober 2019

4.

Batas Akhir Penyerahan RPS ke Fakultas

5 September 2019

5.

Ujian Akhir Semester (UAS) Terjadwal

16 – 31 Desember 2019

6.

Dosen meng-input nilai UAS Mahasiswa

3 – 13 Januari 2020

7.

Yudisium

3 Januari 2020


Menjadi pembicara selanjutnya adalah Dr. Muhlisin, M.Ag., yang menyampaikan materi “Implementasi Standar Keagamaan pada Pendidikan Tinggi Keagamaan di Lingkungan IAIN Pekalongan”Beliau menekankan pentingnya standar pendidikan yang diselenggarakan di lingkungan Kementerian Agama adalah standar keagamaan. “Standar Keagamaan adalah kriteria minimal tentang nilai, aspek, prinsip, dan komponen keagamaan Islam yang harus ada dalam pelaksanaan pendidikan pada perguruan tinggi keagamaan Islam yang ada di bawah kelembagaan Kementerian Agama Republik Indonesia” paparnya.

Pada kualifikasi kemampuan keterampilan, lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) memiliki kemampuan keterampilan keagamaan Islam secara umum yang ada di masyarakat diantaranya adalah (1) Baca dan Tulis Al-Qur’an; (2) Berbahasa Arab; (3) Mengamalkan Ibadah; (4) Seni Islami; (5) Berdakwah; (6) Kepemimpinan (leadership) yang Memadai; (7) Bekerjasama dengan Berbagai Pihak; dan (8) Penyelesaian Masalah-Masalah Kehidupan.

Beliau menekankan capaian kemampuan poin (1) dan (2) adalah yang paling utama. “Jangan sampai ada alumni IAIN Pekalongan, terutama dari Fakultas Syariah, tidak bisa baca tulis tulisan Arab. Jangan sampai baca yang ada harokatnya saja tidak bisa, syukur-syukur bisa sampai mahir baca yang tidak ada harokatnya.” urainya. “Semua dosen di IAIN Pekalongan harus memiliki hidden curriculum yang mengaitkan dengan kemampuan poin (1) dan (2), meskipun itu adalah mata kuliah umum, misalnya Pendidikan Pancasila atau Bahasa Inggris, akan tetapi bagaimana menyelipkan ayat atau yang mengarah pada kemampuan baca tulis al-Qur’an.” tegasnya lebih lanjut.

Di penghujung arahannya ia berpesan kepada semua dosen “Selamat Berjihad Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, karena yang dilakukan oleh bapak / ibu semua adalah jihad di jalan Allah”, pungkasnya.

download:

berita dalam bentuk word bisa diunduh disini

Surat Pemberitahuan Perkuliahan

edaran penggunaan ruang

materi Implementasi Standar Keagamaan

RPS: PDF WORD