Tuesday, 05 November 2019 14:31

Seminar Nasional Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, Wali Kota Pekalongan: Perlu Terus Dikembangkan Seminar Bertaraf Nasional dan Internasional di Kota Pekalongan

Written by

Fasya - Fakultas Syariah IAIN Pekalongan sukses menggelar acara Seminar Nasional dan Call for Paper pada Sabtu 2 November 2019. Acara yang diselenggarakan di Hotel Dafam Pekalongan mengusung tema: Membangun Basis Keilmuan Syariah dan Hukum Berwawasan Keindonesiaan dengan menghadirkan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H., M.H. namun berhalangan hadir; Rektor IAIN Pekalongan, Dr. Ade Dedi Rohayana, M.Ag., dan Ketua Program Studi Doktor (S3) Hukum Islam Universitas Islam Indonesia (UII), Dr. Yusdani, M.Ag.

Mengawali sambutan, Dekan Fakultas Syariah (Fasya), Dr. Akhmad Jalaludin, MA., menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan acara Seminar Nasional dan Call for Paper dan juga hadirin yang menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara tersebut. Acara ini merupakan sebuah komitmen Fasya IAIN Pekalongan untuk mewujudkan visi Fakultas Syariah dan merupakan tahapan awal dari upaya pencapaian visi Fasya. “Ini merupakan tahapan awal dari 4 tahapan lima tahunan yaitu membangun tata kelola yang baik dan membangun basis keilmuan syariah dan hukum yang berwawasan keindonesiaan, urainya. Hal ini juga tidak terlepas bahwa alumni Fasya sekarang menyandang gelar Sarjana Hukum, maka basis keilmuan hukum terus diperkuat dengan memberi porsi yang lebih besar. Jika dulu Fakultas Syariah hanya bekerja sama dengan Pengadilan Agama (PA), maka sekarang telah menjalin kerja sama dengan Pengadilan Negeri (PN). Selain itu acara ini juga untuk mendapatkan artikel yang berkualitas yang nantinya akan dipublikasikan oleh Jurnal milik Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, Jurnal Hukum Islam, yang saat ini sedang berproses untuk mendapatkan akreditasi Sinta , imbuhnya.

Sambutan berikutnya dari Rektor IAIN Pekalongan, Dr. Ade Dedi Rohayana, M.Ag., beliau berterima kasih karena acara IAIN Pekalongan selalu didukung oleh Pemerintah Kota Pekalongan. Alhamdulillah Pemerintah Kota Pekalongan selalu memberi dukungan kepada IAIN Pekalongan, hal ini sangat menambah semangat kami dengan kehadiran Bapak Walikota di tengah kita semua, urainya. Beliau juga mengungkapkan akan menghadirkan Menteri Agama dan Wakil Menteri Agama di IAIN Pekalongan dalam waktu dekat ini.

semnas saelany1

Sambutan ketiga dari Walikota Pekalongan sekaligus membuka acara Seminar yang juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Pekalongan, Balgis Diab, dan Ketua-ketua Pengadilan se-eks Karesidenan Pekalongan, juga beberapa Kepala Dinas dan Pemangku Kebijakan di Kota PekalonganKami berharap acara seminar ini membawa pencerahan, bukan hanya kepada mahasiswa IAIN saja akan tetapi bisa membuka cakrawala pandangan dan wawasan keilmuan untuk masyarakat sekitar. Tema kegiatan acara yang diangkat sangat relevan dengan kondisi masyarakat kita saat ini yang dihadapkan secara konfrontatif.

Dengan adanya seminar skala nasional atau internasional yang diadakan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan diharapkan bisa memberi pencerahan. Hal ini artinya ruang-ruang diskusi yang mencerahkan dan membuka cakrawala pandang serta memberikan wawasan ilmu pengetahuan senantiasa terus dikumandangkan, urai HM. Saelany Machfudz dalam sambutannya. Beliau sangat mendukung sekali kegiatan-kegiatan seperti seminar nasional dan internasional terus dilaksanakan di Kota Pekalongan. Forum-forum diskusi yang menyebabkan terjadinya transfer ilmu pengetahuan akan terus kami dukung, karena hal ini bisa mencerahkan kehidupan masyarakat. Akhirnya, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Acara Seminar Nasional dan Call for Paper Fakultas Syariah IAIN Pekalongan secara resmi dibuka, pungkasnya seraya membuka acara Seminar Nasional dan Call for Paper Fakultas Syariah IAIN Pekalongan.