Thursday, 22 October 2020 14:18

Jurusan HKI Fakultas Syariah IAIN Pekalongan adakan Training Mediasi Dasar bagi Mahasiswa

Written by

Jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI) fakultas Syariah IAIN Pekalongan sukses mengadakan Training Mediasi Dasar bagi Mahasiswa. Agenda ini merupakan salah satu program dari Jurusan HKI dalam memberikan layanan penunjang akademik sehingga mampu memberikan nilai tambah bagi mahasiswa HKI, khusunya dalam peningkatan keterampilan. Agenda tersebut juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait dengan pentingnya keterampilan melakukan pemetaan dan analisis konflik, serta penyelesaian konflik atau sengketa melalui mediasi. Hal tersebut dikarenakan mediasi merupakan salah satu cara atau prosedur dalam alternatif penyelesaian sengketa.

Kegiatan Training Mediasi Dasar bagi Mahasiswa dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 21 Oktober 2020. Kegiatan yang dilangsungkan di Auditorium IAIN Pekalongan tetap menggunakan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid 19. Hadir sebagai trainer sekaligus pembicara dalam pelatihan ini yaitu Dr. Ahmad Tajuddin Arafat, M.S.I dan Kasan Bisri, M.A. Kedua trainer berasal dari Walisongo Mediation Center. Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Mubarok, Lc., M.S.I. selaku Ketua Jurusan Hukum Keluarga Islam. Kegiatan yang diikuti sebanyak 30 mahasiswa berjalan dengan antusias dari para peserta. Ada empat sesi dalam kegiatan ini yang dimulai pukul 08.00 WIB s.d. 16.00 WIB.

Setelah mengikuti kegiatan ini mahasiswa diharapkan dapat mempunyai pengetahuan dan keterampilan tentang mediasi. Kegiatan ini diharapkan juga dapat meningkatkan mutu alumni Jurusan Hukum Keluarga Islam. Kedepan kegiatan pelatihan seperti ini akan terus ditingkatkan dalam rangka menguatkan keterampilan mahasiswa yang berkualitas.