Wednesday, 11 November 2020 11:42

Jurusan HTN Gelar Training Legal Drafting and Writing Skill

Written by

Jurusan Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah IAIN Pekalongan menggelar agenda Training Legal Drafting and Writing Skill. Agenda tersebut sesungguhnya merupakan pelatihan perancangan peraturan perundang-undangan bagi mahasiswa Jurusan HTN. Hadir sebagai trainer yaitu Ahmad Shohib Zaeni, S.H., M.Kn. selaku Kepala Sub Bidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah dan Riko Budi Santosa, S.H., M.H. yang merupakan Perancang Peraturan Perundang-undangan Pertama. Dua trainer tersebut merupakan ahli dalam hal perancangan peraturan perundang-undangan.

Sebelum memberikan pelatihan, Trainer terlebih dahulu memberikan materi kepada peserta. Hal ini agar peserta dapat memahami terlebih dahulu terkait dengan perancangan peraturan perundang-undangan secara teoritis. Setelah penjelasan materi, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan yang langsung dipraktikan oleh trainer dan selanjutnya diikuti oleh peserta pelatihan.

Agenda ini diperuntukan untuk meningkatkan skill mahasiswa Jurusan HTN Fakultas Syariah IAIN Pekalongan agar mempunyai keterampilan terkait perancangan peraturan perundang-undangan. Mengingat dalam era kompetisi kedepan, persaingan keterampilan sesuai bidang keilmuan sangat ketat. Oleh karena itu, mahasiswa Jurusan HTN harus mempunyai keterampilan terkait dengan perancangan peraturan-perundang-undangan. Keterampilan tersebut merupakan salah satu keterampilan yang linier dengan keilmuan HTN. Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan. Dr. Akhmad Jalaludin, M.A. selaku Dekan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan dalam sambutannya menyatakan mahasiswa Jurusan HTN Fakultas Syariah IAIN Pekalongan harus mempunyai keterampilan dalam perancangan peraturan perundang-undangan. Keterampilan tersebut harus dimiliki oleh seluruh mahasiswa Jurusan HTN, karena konsekuensi dari keilmuan yang dipelajari.

Kedepan agenda tersebut sangat diperlukan dan dapat dijadikan sebagai kegiatan rutin. Agenda tersebut juga dapat menjadi agenda pendukung utma khususnya terkait dengan mata kuliah Legal Drafting. Agenda training ini berlangsung tanggal 10 s.d. 11 November 2020 dan bertempat di Fakultas Syariah IAIN Pekalongan. Agenda yang diikuti oleh mahasiswa Jurusan HTN tersebut berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut juga tetap menggunakan protokol keshatan dalam rangka mencegah terjadinya penyebaran Covid 19.