Tuesday, 22 December 2020 11:42

Fakultas Syariah Selenggarakan Pelatihan Profesi Mediator

Written by

Fakultas Syariah IAIN Pekalongan berhasil menyelenggarakan pelatihan profesi mediator untuk kali pertama. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan atas kerjasama antara Fakultas Syariah IAIN Pekalongan dengan Pusat Pelatihan Pengembangan Pendayagunaan Mediasi atau P4M. Pusat Pelatihan Pengembangan Pendayagunaan Mediasi merupakan salah satu lembaga yang tersertifikasi oleh Mahkamah Agung. Kegiatan ini merupakan bentuk pelatihan mediator bagi tim Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Fakultas Syariah IAIN Pekalongan dan para dosen di lingkungan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan. Hadir sebagai peserta yaitu tim LBH, para dosen, dan pimpinan di lingkungan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan.

Kegiatan yang dilangsungkan pada tanggal 16 sampai dengan 22 Desember 2020 berjalan dengan lancar. Kegiatan tersebut diselenggarakan bertempat di Hotel Dafam Pekalongan. Kegiatan pelatihan profesi mediator ini dilakukan berdasarkan kurikulum dengan sepuluh materi yaitu: (1) bagaimana Memahami Mediasi; (2) Kecakapan dan Kepribadian Mediator; (3) Proses Mediasi; (4) Kode Etik Mediator; (5) Kesepakatan Mediasi; (6) Perjanjian Perdamaian; (7) Simulasi dan Roleplay; (8) Media Penal; (9) Implementasi PERMA 1 tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan; dan (10) Ujian Tulis dan Roleplay.

Pelatihan profesi mediator yang dilaksanakan oleh Fakultas Syariah IAIN Pekalongan diharapkan mampu memberikan hasil berupa (1) tersedianya dosen Fakultas Syariah IAIN Pekalongan yang berkualitas, berdedikasi, dan memiliki kempetensi serta profesionalitas di bidangnya; dan (2) tercapainya visi dan misi Fakultas Syariah IAIN Pekalongan.