Friday, 23 April 2021 11:37

LBH Fakultas Syariah Jalani Verifikasi Faktual Lapangan

Written by

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Fakultas Syariah IAIN Pekalongan mendapatkan kunjungan verifikasi faktual lapangan oleh Tim Verifikasi Daerah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Tengah pada Jumat pada 16 April 2021. Tim Verifikasi dipimpin oleh Kepala Sub Bidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Ahmad Shohib Zaeni, S.H. M.Kn., didampingi tim verifikator yaitu Sdr Oscar dan Sdri Clara, tiba di Gedung Fakultas Syariah IAIN Pekalongan sekira pukul 09:15 WIB.

Ahmad Shohib Zaeni, S.H. M.Kn menyampaikan, pihaknya melakukan verifikasi faktual untuk melakukan pengecekan berbagai persyaratan akreditasi Lembaga Bantuan Hukum sesuai ketetapan pemerintah. Seperti diketahui, kemenkumham telah membuka pendaftaran bagi lembaga bantuan hukum baru sejak 6 Maret 2021 hingga 24 Maret 2021 melalui aplikasi Sibankum. Selanjutnya LBH diberi waktu perbaikan hingga 16 April 2021.

Program verikasi dan akreditasi Pemberi Bantuan Hukum sangat mendorong peningkatan kapasitas administratif dan substantif bagi pemerintah maupun Organisasi Bantuan Hukum (OBH) dalam penyelenggaraan bantuan hukum yang lebih merata dan berkualitas untuk itu harapannya adalah bagaimana dapat menciptakan Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang berkualitas dan dapat memberikan output yang lebih baik dalam pelayanan bantuan hukum terhadap masyarakat miskin melalui pengawasan pemerintah sehingga tercapainya akses keadilan bagi masyarakat indonesia secara optimal.

Ketua Lembaga Bantuan Hukum Fakultas Syariah Dr Trianah Sofiani S.H., M.H., menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan verifikasi dengan matang sehingga diharapkan LBH Fakultas Syariah dapat memperoleh nilai akreditasi terbaik sebagai wujud peningkatan kualitas lembaga pemberi bantuan hukum untuk masyarakat.