Wednesday, 08 September 2021 11:18

Fasya IAIN Pekalongan Selenggarakan Rakor Bidang Akademik

Written by

Pekalongan, Fakultas Syariah (Fasya) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Akademik pada hari Selasa tanggal 07 September 2021. Rakor Bidang Akademik diselenggarakan dalam rangka menyambut perkuliahan Semester Gasal Tahun Ajaran 2021/2022. Rakor Bidang Akademik diadakan di Gedung Fasya IAIN Pekalongan. Hadir dalam Rakor tersebut Dr. Maghfur, M.Ag. selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dekan Fasya, Para Wakil Dekan Fasya, dan Para Dosen di lingkungan Fasya. Ada beberapa hal yang dibahas dalam Rakor antara lain evaluasi pembelajaran di semester sebelumnya dan rencana pelaksanaan pembelajaran di Semester Gasal 2021/2022.

Mengawali arahan dilakukan oleh Dr. Maghfur, M.Ag. yang dalam hal ini mewakili pimpinan IAIN Pekalongan. Dr. Maghfur, M.Ag. dalam arahannya menyatakan bahwa perlu ada eveluasi terhadap pembelajaran secara dalam jaringan (daring). Dr. Maghfur, M.Ag. juga mengingatkan kepada Fasya untuk bisa survive ditengah perkembangan global. Syarat untuk bisa survive dapat dilakukan dengan adaptif dan melakukan penataan kelembagaan. Dr. Maghfur, M.Ag. juga memberikan pesan kepada Fasya untuk melakukan pergeseran paradigma dari paradigma berbasis proses menjadi berbasis output dengan mengedepankan mutu dan relevansi. Terakhir Dr. Maghfur, M.Ag. memberikan arahan terkait pentingnya melakukan pengarusutamaan moderasi beragama.

Gayung bersambut, Dr. Akhmad Jalaludin, M.A. selaku Dekan Fasya dalam sambutannya juga mengamini arahan dan pesan dari Dr. Maghfur, M.Ag. Dekan juga menyatakan bahwa Rakor Bidang Akademik ini membahas terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, dan perbaikan dalam pembelajaran selama satu semester. Dekan memberika pesan kepada peserta Rakor bahwa harus ada integrasi antara pembelajaran dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dekan dalam akhir sambutannya menyatakan bahwa harus ada monitoring dan evalusi proses pembelajaran dalam rangka mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran.

Agenda Rakor Bidang Akademik selanjutnya dipimpin oleh Dr. Triana Sofiani, S.H., M.H. selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan Fasya. Dr. Triana Sofiani, S.H., M.H. dalam Rakor menyatakan bahwa ada beberapa poin yang harus dibahas. Beberapa poin tersebut diantaranya terkait dengan (1) Evaluasi Pembelajaran Semester Genap 2020/2021; (2) Perencanaan/Persiapan; (3) Pelaksanaan; (4) Monitoring; (5) Hasil; dan (6) Evaluasi. Terkait dengan evaluasi pembelajaran semester sebelumnya ada beberapa hal yang dibahas yaitu terkait materi pembelajaran, media pembelajaran, dan lain-lain. Kemudian dalam hal perencanaan dan persiapan membahas tentang Rencana Pembelajaran Semester (RPS), media pembelajaran, materi pembelajaran, serta sarana dan prasarana. Selanjutnya tentang pelaksanaan pembelajaran membahas mengenai instrumen yang harus dipersiapkan dalam perkuliahan. Monitoring dilakukan untuk melihat jalannya perkuliahan dan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dalam perkuliahan. Adapun mengenai hasil yaitu dillihat dalam bentuk produk yang dihasilkan selama perkuliahan. Produk dimaksud seperti soal ujian dan laporan hasil penilaian. Evaluasi berbicara tentang sistem evaluasi dan tindak lanjut terhadap hasil evaluasi.

Rakor Bidang Akademik persiapan Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022 berjalan dengan lancar dan sukses. Rakor diakhiri dengan diskusi antara peserta Rakor dan juga pembahasan terkait dengan team teaching.