Friday, 10 September 2021 11:18

Sospem Fasya Hadirkan Motivator Muda

Written by

Pekalongan, Fakultas Syariah (Fasya) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menggelar Sosialisasi Pembelajaran atau Sospem pada hari Rabu dan Jumat tanggal 08 dan 10 September 2021. Penyelenggaraan Sospem dilakukan untuk menyambut kehadiran mahasiswa baru di Fasya. Sospem juga mempunyai tujuan untuk memberikan atau mensosialisasikan sistem pembelajaran yang ada di Fasya. Sospem tidak hanya terbatas pada sosialisasi bidang akademik saja, melainkan juga terkait dengan mahasiswa dan lain-lain. Sospem dalam rangka menyambut mahasiswa baru Tahun Ajaran 2021/2022 dilakukan secara dalam jaringan (daring). Hadir dalam agenda Sospem Dekan, para Wakil Dekan, Kapala Bagian Tata Usaha, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, dan Kepala Sub Bagian di lingkungan Fasya.

Sospem Fasya kali ini mengangkat tema yaitu “Mewujudkan Mahasiswa yang Salih, Cerdas dan Unggul dalam Kerangka Harmonisasi Ilmu Syariah dan Ilmu Hukum Berkarakter Moderat”. Tema tersebut dipilih dalam rangka mendukung dan mewujudkan visi dan misi Fasya. Kemudian, dalam rangka mengimplementasikan tema tersebut, Fasya juga menghadirkan seorang motivator muda. Makhmud Kuncahyo, M.Pd. dari Synergy Performa Training and Consulting merupakan motivator muda yang hadir untuk memberikan motivasi dalam acara Sospem. Makmud Kuncahyo, M.Pd. dalam motivasinya di acara Sospem Fasya mengangkat tema “Building Positive Habits and Growth Mindset”. Makmud Kuncahyo, M.Pd. dalam paparan motivasinya menyampaikan terkait dengan bagaimana cara menjadi mahasiswa yang produktif, bertumbuh, dan prestatif.

Sebelum acara motivasi diselenggarakan, telah ada terlebih dahulu sambutan dari Dekan Fasya yaitu Dr. Akhmad Jalaludin, M.A. Dekan dalam sambutannya juga memberikan arahan terkait dengan Kebijakan Umum Fakultas Syariah. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi terkait dengan kehidupan kampus di Fasya. Dr. Triana Sofiani, S.H., M.H. selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan menyampaikan materi terkait dengan Sistem Akademik Fakultas Syariah, dan Kiat Sukses Belajar di Perguruan Tinggi. Dr. Mohammad Hasan Bisyri, M.Ag. selaku Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan memberikan materi terkait dengan Struktur Organisasi, dan Tugas dan Kewenangan (Kebijakan Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana). Materi selanjutnya disampaikan oleh Dr. Mohammad Fateh, M.Ag. selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Dr. Mohammad Fateh, M.Ag. menyampaikan materi terkait dengan Program Kemahasiswaan dan Beasiswa, dan Etika Mahasiswa Fakultas Syariah. Materi-materi tersebut disampaikan pada hari Rabu tanggal 08 September 2021.

Acara Sospem hari Jumat tanggal 10 September 2021 dengan agenda penyampaian materi dari para ketua jurusan. Mubarok, Lc., M.S.I. selaku Ketua Jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI) menyampaikan materi yang berkaitan dengan profil dan budaya pada Jurusan HKI. Begitu juga dengan Tarmidzi, M.S.I. yang merupakan Ketua Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES) menyampaikan meteri seputuar Jurusan HES. Uswatun Khasanah selaku Ketua Jurusan Hukum Tata Negara (HTN) memberikan materi terkait dengan Jurusan HTN. Agenda Sospem yang dilakukan secara daring berlangsung dengan lancar. Diharapkan setelah Sospem ini, mahasiswa Fasya dapat mengetahui sistem dan budaya pembelajaran di Fasya.