Fakultas Syari`ah | IAIN Pekalongan

Pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam

E-mail Print PDF

ppl as 2015Pekalongan – Praktek Pengalaman Lapangan Peradilan Agama (PPL PA) Semester Gasal Tahun Ajaran 2015/2016 mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam dilaksanakan mulai tanggal 29 Juli 2015 sampai dengan 28 Agustus 2015 di tujuh Pengadilan Agama se-eks karesidenan Pekalongan, yaitu PA Pekalongan, PA Kajen, PA Batang, PA Pemalang, PA Tegal, PA Slawi dan PA Brebes PPL PA di ikuti oleh 64 orang mahasiswa semester VI.

Pada Kegiatan Pembekalan PPL PA Peradilan Agama dilaksanakan pada hari Senin tanggal 27 Juli 2015 di Aula STAIN Pekalongan, dengan Narasumber Drs. Eko Budiono, SH., M.H (Wakil Ketua PA Batang) dan Dr. Akhmad Jalaludin, M.A (Ka Prodi Hukum Keluarga Islam STAIN Pekalongan).

Penyerahan peserta PPL kepada masing-masing PA dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 29 Juli 2015 oleh masing-masing dosen pembimbing.

Selama satu bulan melakasanakan PPL, mahasiswa akan belajar dengan cara mengamati, simulasi dan praktik secara langsung dengan para hakim, panitera dan pegawai di Pengadilan Agama tentang peradilan Agama, baik administrasi kesekretariatan dan kepaniteraan maupun proses persidangan. Dengan mengikuti PPL PA, mahasiswa diharapkan menguasai secara lebih baik administrasi dan penerapan hukum yang berlaku di Pengadilan Agama, baik hukum materiil maupun hukum formil.