Fakultas Syari`ah | IAIN Pekalongan

Fakultas Syariah Laksanakan Rukyatul Hilal Ramadan 1442 H

E-mail Print PDF

whatsapp-image-2021-04-13-at-12.23.03

Penetapan awal bulan Ramadan menjadi momen yang ditunggu oleh kaum muslimin di seluruh dunia. Inilah yang dilakukan oleh Fakultas Syariah IAIN Pekalongan. Secara rutin IAIN Pekalongan, dalam hal ini diselenggarakan oleh Fakultas Syariah, melakukan observasi Rukyatul Hilal bulan Ramadan setiap tahun.

Begitupula yang diselenggarakan pada Senin, 12 April 2021 di Kampus 1 Jl Kusuma Bangsa Nomor 9 Kota Pekalongan. Dengan melibatkan peserta terbatas dan dengan protokol kesehatan, hadir dalam acara yaitu Dekan Fakultas Syariah Dr Akhmad Jalaludin, M.A, Ahli Falak Nasional sekaligus pembina kajian Falak IAIN Pekalongan M. Muslih Husein, M.Ag., Pimpinan Pengadilan Agama, Kementerian Agama se ekskaresidenan serta Kepala KUA se Kota Pekalongan.

Turut serta dalam acara, mahasiswa mahasiswi fakultas Syariah IAIN Pekalongan dengan didampingi oleh dosen Ilmu Falak Muhammad Farid Azmi, M.H dan Álamul Yaqin, M.H. Terhitung tinggi hilal pada akhir Sya’ban jelang awal Ramadhan 1442 H. pada hari Senin, 12 April 2021 M. adalah 04° 26’ 03”   (Tinggi Hilal Hakiki) dan 04° 04’ 31”,72 (Tinggi Hilal Mar’i), dan penetapan posisi bulan terhadap matahari yaitu Azimuth Matahari = 278° 47' 46,34" , Azimuth Bulan = 277° 26' 01,54".

Ketua Jurusan Hukum Keluarga Islam, Mubarok, Lc, M.A mengatakan, mahasiswa yang hadir sekaligus melakukan praktik rukyatul hilal sebagai bekal ilmu dalam berpraktik di Pengadilan Agama. Sementara itu, M Muslih Husein, Mag menambahkan, acara ini tidak hanya dilaksanakan setiap ramadan, melainkan juga setiap menjelang Syawal, maupun bulan-bulan lain dalam kalender hijriyah, serta observasi di setiap momentum terjadinya fenomena antariksa.

Menutup acara, Dekan Fakultas Syariah turut menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa ramadan 1442 Hijriyah, merupakan karunia yang besar dan harus disyukuri dengan cara terus meningkatkan ibadah di bulan yang suci ini.

fasya ramadhan1