Fakultas Syari`ah | IAIN Pekalongan

Studium Generale 2021 Fakultas Syariah, disaksikan LIVE Youtube dan Zoom Meet

E-mail Print PDF

foto-studium-generale-2021

Pekalongan, Indonesia - Fakultas Syariah IAIN Pekalongan menyelenggarakan Studium Generale sebagai awal perkuliahan semester genap 2020/2021 pada hari Rabu (17/5/2021).

Studium Generale yang bertemakan “Politik Hukum Islam Kontemporer di Indonesia” berlangsung di Aula Lt 4 Fakultas Syariah secara terbatas dan mematuhi protokol kesehatan serta disiarkan langsung melalui zoom meet dan live streaming kanal youtube fasya live. Acara ini dihadiri oleh peserta yang terdiri dari para pimpinan fakultas syariah, kajur dan sekjur masing-masing jurusan, dosen serta seluruh mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Pekalongan. Acara stadium generale bertujuan untuk meningkatkan semangat civitas akademika baik dosen maupun mahasiswa di lingkungan Fakultas Syariah untuk senantiasa produktif, adaptif, kreatif dan inovatif dalam menghadapi masa pandemi.

Dekan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, Dr H Akhmad Jalaludin M.A dalam sambutannya menyatakan bahwa materi tentang Politik Hukum Islam sangat penting untuk dipahami seluruh mahasiswa Fakultas Syariah. Studium generale fakultas rutin diadakan setiap tahunnya dengan selalu menghadirkan narasumber dan tema dan isu yang hangat untuk didiskusikan.

Narasumber utama yaitu Dani Muhtada, M.Ag., M.P.A., M.A., Ph.D merupakan pakar Politik Hukum Islam sekaligus Direktur Eksekutif Indo Indeks dan Dosen UNNES, menyampaikan bahwa kebutuhan yang terpenting dari suatu produk hukum dilihat dari Politik Hukum Islam adalah terkait isi/substansi ide yang terkandung didalamnya, mengingat Negara Indonesia sejak awal merdeka telah mengakomodir nilai-nilai religius dari semua agama yang diakui di Indonesia. Diskusi berlangsung interaksif, baik dari keaktifan mahasiswa IAIN Pekalongan maupun kampus lain serta para dosen IAIN Pekalongan.