Fakultas Syari`ah | IAIN Pekalongan

LBH Fasya IAIN Pekalongan Adakan Kegiatan Pelatihan Paralegal

E-mail Print PDF

Pelatihan Paralegal2

Lembaga Bantuan Hukum Fakultas Syariah (LBH Fasya) IAIN Pekalongan mengadakan kegiatan Pelatihan Paralegal. Tema yang diangkat dalam pelatihan tersebut yaitu “Meningkatkan Skill, Membangun Kepedulian untuk Mewujudkan Kesadaran dan Keadilan Hukum Masyarakat. Pelatihan Paralegal diselenggarkan pada hari Selasa dan Rabu tanggal 10 dan 11 November 2020. Kegiatan ini diadakan di IAIN Pekalongan Kampus I. Pelatihan Paralegal ini ditujukan untuk mahasiswa Fasya IAIN Pekalongan.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan pemberian materi dari berbagai pemateri. Materi-materi yang diberikan menyangkut berkaitan dengan hukum dan Paralegal. Materi pertama yaitu tentang Bantuan Hukum, diisi oleh pemateri dari Kantor Wilayah Jawa Tengah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kemudian materi kedua tentang Pendampingan Anak Bermasalah dengan Hukum (ABH) yang diisi pemateri dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Pekalongan. Materi selanjutnya yaitu Pembuatan Permohonan, gugatan dan aduan (I) oleh Tim LBH Fasya. Ada juga materi tentang Perlindungan Perempuan & Anak dengan pemateri Redi Handoko. Materi yang disampaikan dalam Pelatihan Paralegal juga terkait dengan Hak Tersangka dan Terdakwa dalam Penuntutan yang diisi oleh pemateri dari Kejaksaan Kota Pekalongan. Materi terakhir dalam Pelatihan Paralegal yaitu tentang Pembuatan Permohonan, gugatan dan aduan (II).

Pelatihan tersebut sesungguhnya merupakan instrumen untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa Fasya IAIN Pekalongan. Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut, Mahasiswa Fasya IAIN Pekalongan dapat mendapat pemahaman terkait dengan paralegal. Adanya peltihan tersebut juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi lembaga dan mahasiswa. Manfaat bagi lembaga dalam hal ini Fasya dan LBH Fasya IAIN Pekalongan, diharapkan dengan adanya Pelatihan Paralegal dapat mengembangkan kelembagaan di Fasya dan LBH Fasya IAIN Pekalongan. Mahasiswa diharapkan juga mendapat manfaat langsung dari adanya kegiatan ini. Mahasiswa setelah mengikuti kegiatan Pelatihan Paralegal diharapkan mempunyai pengetahuan terkait dengan Paralegal yang nantinya dapat mendukung keterampilan sebagai calon Sarjana Hukum. Mahasiswa juga diharapkan dengan mengikuti Pelatihan Paralegal ini, setelah lulus dari IAIN Pekalongan memiliki bekal pengetahuan tentang Paralegal.