Fakultas Syari`ah | IAIN Pekalongan

Seminar Nasional HMJ Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syraiah IAIN Pekalongan dan Santunan Anak Yatim Piatu.

E-mail Print PDF

Seminar Nasional HMJ Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syraiah IAIN Pekalongan dan Santunan Anak Yatim Piatu.

WhatsApp Image 2017-12-04 at 15.36.10

Kemarin (4/12/2017) HMJ Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah IAIN Pekalongan mengadakan seminar nasional yang bertajuk Eksistensi Hukum Ekonomi Syariah dalam pengembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia. Lulusan Jurusan HES mempunyai kompetensi dalam bidang hukum dan ekonomi syariah, dengan demikian mahasiswa dituntut untuk menguasai keilmuan di bidang hukum dan juga dalam bidang ekonomi syariah. Oleh karena itu, seminar ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai wawasan di bidang tersebut. Adapun pembicara dalam seminar ini ada 3 pemateri yaitu, 1. DPS Kospin Jasa Syariah Pekalongan (Hj. Rinda Astuti., M.Si) 2. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal (Wahyudin) 3. MUI Pekalongan (H.Slamet Irfan, S.H.) dengan dimoderatori oleh Muhamad Masrur., SHI., MEI.

Dr. Hasan Bisyri, M.Ag selaku Wakil Dekan III mewakili Dekan Fakultas Syariah membuka acara seminar nasional dan menyampaikan dukungannya terhadap acara tersebut bahwa mahasiswa selaku pemuda harus mempunyai kegigihan di dalam menuntut ilmu di bidang yang sedang digelutinya karena ilmu tersebut akan bermanfaat ketika mereka sudah berkecimpung di masyaraka,. Narasumber dari DPS Kospin Jasa Syariah menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan tugas dan wewenang DPS dalam rangka menjamin lembaga keuangan syariah agar tetap berada dalam ranah muamalah yang benar sesuai syariat islam. Narasumber dari OJK Tegal menyampaikan mengenai sejarah keberadaan OJK dalam UU No 21 Tahun 2011 berperan sebagai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB. Narasumber dari MUI Pekalongan (H.Slamet Irfan, S.H.) menyampaikan peranannya sebagai Majelis Ulama Indonesia (disingkat MUI) adalah lembaga yang mewadahi para ulama, zu'ama, dan cendikiawan islam di Indonesia untuk membimbing, membina dan mengayomi kaum muslimin di seluruh Indonesia.

Di samping seminar nasional, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu yang berada di sekitar kampus IAIN Pekalongan, diakhir acara HMJ HES mengadakan santunan anak yatim yang didahului dengan acara potong tumpeng, dengan acara ini diaharapkan bisa membantu meringankan beban hidupnya dan biaya pendidikan mereka. Dari Kegiatan seminar ini diharapkan mampu mengarahkan mahasiswa untuk lebih banyak belajar dan menambah wawasan dalam bidang lembaga keuangan syariah sehingga lulusan nantinya juga bisa berperan aktif di dalam pengembangan lembaga keuangan syariah.