Fakultas Syari`ah | IAIN Pekalongan

Fakultas Syariah IAIN Pekalongan Menggelar Pengukuhan Kelulusan Mahasiswa

E-mail Print PDF

pelepasan wisuda

Fasya – Kamis 28 November 2019 Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menggelar acara Pengukuhan Kelulusan Mahasiswa di Hotel Pesonna Pekalongan. Acara yang dihadiri oleh 64 calon wisudawan Fakultas Syariah ini mengangkat tema “Penguatan Mentalitas Kemandirian Bagi Calon Wisudawan Fakultas Syariah di Era Revolusi 4.0”, juga menghadirkan beberapa pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Syariah untuk memotivasi calon lulusan Fakultas Syariah dan juga pengukuhan sebagai anggota IKA Fakultas Syariah.

 

Diawali pembacaan ayat suci al-Qur'an dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta Mars IAIN Pekalongan, acara dilanjutkan sambutan pemberian kesan dan pesan untuk fakultas oleh perwakilan calon wisudawan Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Hukum Ekonomi Syariah (HES). Sambutan berikutnya dari perwakilan dosen Fakultas Syariah yang dalam hal ini diwakili oleh Dr. Siti Qomariah, MH. Beliau mendoakan kepada wisudawan menjadi manusia bermanfaat dan sukses dan juga mengingatkan untuk senantiasa bersyukur dan berterima kasih atas semua capaian yang sudah diraih selama ini. Pesan yang kedua adalah bahwa calon lulusan IAIN Pekalongan harus bisa mengamalkan ilmunya, karena ilmu tanpa diamalkan itu ibarat pohon yang tidak berbuah, “Alumni IAIN itu harus kembali ke masyarakat, harus masuk ke masjid-masjid, mushola-mushola, mimbar pengajian dan hal-hal lain yang bermanfaat bagi masyarakat. Bagi yang belum lancar mengajinya untuk lebih didalami lagi dengan belajar sendiri, di buka al-Qur'annya, kitab-kitabnya yang sudah diperoleh di kampus”, pesan mantan Bupati Pekalongan ini.

Sambutan berikutnya oleh Dekan Fakultas Syariah, Dr. Akhmad Jalaludin, M.A. yang menekankan pentingnya proses akademik. “Wisuda merupakan titik terakhir perjalanan akademik di Strata Satu dan sebagai bagian tahapan perjuangan panjang belajar di IAIN Pekalongan. Meskipun ketika selesai wisuda banyak yang belum tahu kemana atau mau apa, tapi yakinlah suatu saat akan menemukan posisi dimana saudara ditakdirkan Allah SWT. Banyak lulusan dari IAIN Pekalongan menempati posisi dan peran-peran penting di masyarakat”, urai Dekan Fakultas Syariah.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan yudisium oleh Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Syariah, Ida Isnawati, SE., MSI., yang dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada wisudawan terbaik. Dengan mengangkat judul skripsi “Kesadaran Hukum Masyarakat tentang Isbat Nikah (Studi Kasus di Desa Lambanggelun Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan)”, Haniul Fuadah menjadi wisudawan terbaik Program Studi Hukum Keluarga Islam dari 38 calon wisudawan. Sementara Himmatul Balighoh menjadi wisudawan terbaik Program Studi Hukum Ekonomi Syariah dari 26 calon wisudawan, dengan judul skripsinya “Praktik Jasa Waxing Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Vania Beauty Estetika Kota Pekalongan)”.

Di bagian akhir acara dilaksanakan Pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) IAIN Pekalongan angkatan ke -38 & Pelantikan IKA Fasya oleh Dekan, yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Mohammad Hasan Bisyri, M.Ag. dan diakhiri dengan sesi foto bersama.