Fakultas Syari`ah | IAIN Pekalongan

FGD Konsorsium Dosen Fakultas Syariah IAIN Pekalongan

E-mail Print PDF

konsorsium dosen 2019

Fasya – Fakultas Syariah IAIN Pekalongan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Konsorsium Dosen untuk mengintegrasikan Mata Kuliah yang Serumpun pada Rabu 27 November 2019. Acara yang diikuti oleh seluruh dosen Fakultas Syariah ini digelar di Hotel Dafam Pekalongan.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan laporan dari Ketua Pelaksana yang sekaligus Wakil Dekan Bagian Akademik dan Kelembagaan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, Dr. Sam’ani Sya’roni, M.Ag.

Dalam sambutannya disampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh semua dosen Fakultas Syariah, baik dosen tetap maupun tidak tetap, “Kegiatan ini dimaksudkan dapat memberikan perubahan pembelajaran di Fakultas Syariah ke arah yang lebih baik lagi. Dengan adanya konsorsium dosen pengampu mata kuliah serumpun ini, diharapkan dapat membuat deskripsi semua mata kuliah yang ditawarkan di Fakultas Syariah. Sehingga ketika terjadi pergantian dosen pengampu, fakultas sudah memiliki acuan standar yang bisa digunakan oleh semua dosen” urainya.

Dengan mengangkat tema Mengintegrasikan Mata Kuliah Serumpun ke dalam Rencana Perkuliahan Semester (RPS), kegiatan ini juga bertujuan untuk menata ulang beban mata kuliah yang ditempuh mahasiswa, “Di samping itu agar tidak terjadi tumpang tindih dan efektifitas mata kuliah yang ditempuh mahasiswa, perlu pengintegrasian mata kuliah serumpun yang disepakati dan dipahami para dosen”, urainya lebih lanjut.

Acara dilanjutkan pengarahan dari Dekan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan, Dr. Akhmad Jalaludin, MA., yang menekankan tentang pentingnya pelaksanaan acara Konsorsium Dosen ini. “Konsorsium Dosen kelompok bidang studi ini sangat besar sekali manfaatnya bagi fakultas maupun institut, karena dengan konsorsium ini kita mampu merancang desain pembelajaran dan memvalidasi soal ujian. Di samping itu, kegiatan ini bisa juga berdampak besar bagi kegiatan penelitian dan pengabdian dosen”, urai beliau. Dalam sambutannya beliau juga menyinggung terkait output (hasil) dari kegiatan yang mengundang seluruh Dosen Tetap dan Dosen Tidak Tetap Fakultas Syariah, “Output dari kegiatan ini adalah menghasilkan deskripsi mata kuliah yang bisa ditetapkan oleh Fakultas, sehingga ketika terjadi pergantian dosen tidak mengalami pergeseran deskripsi mata kuliah” terangnya.

Konsorsium yang dipandu oleh Dahrul Muftadin, MSI., kemudian dibentuk kelompok-kelompok kecil sesuai dengan rumpun mata kuliah yang diajarkan di Fakultas Syariah. Setelah penyusunan deskripsi mata kuliah selesai, kemudian masing-masing pimpinan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.