Fakultas Syari`ah | IAIN Pekalongan

Tim Fakultas Syariah IAIN Pekalongan Menyabet Juara II Kejuaraan MCC

E-mail Print PDF

juara 2 mcc

Kontingen Fakultas Syariah IAIN Pekalongan kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini pada ajang Kompetisi Peradilan Semu Nasional (Sharia Faculty National Moot Court Competition) bagi mahasiswa Fakultas Syariah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia tahun 2019 yang berlangsung di Jogjakarta.

Acara yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga bekerja sama dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA RI) digelar di Pengadilan Negeri Jogjakarta dan memperebutkan Piala Bergilir MA RI.

Tim terdiri dari 15 anggota yang diketuai oleh M. Arfan Sa’idi bertolak dari Pekalongan pada Kamis 21 November 2019. Acara diawali dengan kegiatan seminar pada hari Jum’at dan pelaksanaan lomba digelar mulai hari Sabtu 23 November 2019.

Pada babak penyisihan Delegasi dibagi menjadi beberapa kelompok (chamber) yang dalam tiap kelompok tersebut terdiri dari beberapa kelompok yang disesuaikan dengan jumlah seluruh Delegasi yang diundi pada saat technical meeting. Kontingen IAIN Pekalongan meraih nilai tertinggi pada chamber 3 dengan total nilai 870 dan berhak melaju ke babak final.

Kepercayaan diri cukup tinggi menaungi delegasi IAIN Pekalongan pada babak final menghadapi delegasi dari IAIN Ponorogo dan IAIN Purwokerto, mengingat pada babak penyisihan bisa mengumpulkan nilai cukup tinggi. Namun kreatifitas dari tim IAIN Ponorogo menjadikan tim ini layak menempati posisi teratas dan IAIN Pekalongan harus menerima sebagai runner up.

Sebagai ketua, M. Arfan Sa’idi, cukup kecewa akan tetapi juga bersyukur karena bisa berada pada peringkat dua nasional. Ia berharap pada tahun berikutnya bisa lebih baik lagi, “Agar persiapan lebih maksimal dan bisa meraih juara di tahun depan yang perlu diperbaiki antara lain: persiapan lebih dimatangkan; lebih didalami kasus posisi yang diberikan; dan kesepakatan naskah”, urai mahasiswa asal Tegal ini.