Fakultas Syari`ah | IAIN Pekalongan

Seminar Nasional: Peluang dan Tantangan Profesi Advokat Pada Era Reformasi Global

E-mail Print PDF


Senin 30 September 2019, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah IAIN Pekalongan mengadakan Seminar Nasional dengan tema "Peluang dan Tantangan Profesi Advokat Pada Era Reformasi Global". Acara yang diselenggarkan di Auditorium Kampus 1 IAIN Pekalongan dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Syariah, Dr. Akhmad Jalaludin, M.A., beserta jajaran pimpinan Fakultas Syariah IAIN Pekalongan. Panitia mengundang Walikota Pekalongan, yang pada kesempatan ini diwakili oleh Sutarno, S.H., MM., selaku Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kota Pekalongan,

Seminar yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Pekalongan bertujuan mengajak seluruh mahasiswa, khususnya dari Fakultas Syariah, untuk memahami peluang dan tantangan menjadi advokat di era reformasi ini.

Hadir sebagai pemateri seminar, praktisi Badan Advokasi Indonesia (BAI), Iman Dwi Saputra, S.H. dan Muhammad Kafa Bihi, S. H. seorang praktisi Assosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI). Acara yang dimoderatori oleh Ali Imron, S.H., membahas permasalahan yang kerap muncul serta solusinya yang berkaitan dengan profesi advokat setelah era orde baru. Di zaman reformasi semua sangat terbuka dan harus transparan, sehingga calon lulusan Fakultas Syariah harus membangun kemampuannya dan juga integritas terhadap hukum untuk mendampingi masyarakat memperoleh keadilan. Pemateri juga mengajak audiens untuk melihat peluang dan tantangan profesi advokasi pada era reformasi ini.